Sunday 27 April 2014

Penulisan Lead/Teras Berita

Posted By: Unknown - 8:19 pm

Share

& Comment


***

“Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di kota Semarang, komunitas Geodet Berbagi mengadakan sebuah kegiatan bakti pendidikan bertajuk Geodet Mengajar di SD N 1 Jabungan, kelurahan Kramas, kecamatan Banyumanik, pada hari sabtu 26 April 2014. Kegiatan tersebut diikuti lebih dari 130 murid mulai dari kelas I sampai VI. Seluruh murid sangat antusias mengikuti serangkaian acara dari mulai pukul 08.00 sampai selesai pukul 10.30 WIB.”

Dalam kalimat teras (lead) berita diatas, dapat dengan mudah diketahui oleh pembaca bahwa dalam satu paragraph (sekali baca), ia sudah dapat mengetahui who, when, where, why, what dan how, unsur pokok dalam penulisan jurnalisme.

What adalah apa nama/jenis/kategori/tajuk kegiatan tersebut. Apa disini ialah kegiatan bakti pendidikan yang bertajuk Geodet Mengajar.

Who dalam berita diatas adalah siapa yang melakukan atau menyelenggarakan kegiatan tersebut, jadi who disini adalah Komunitas Geodet Berbagi. Why dalam berita diatas adalah apa alasan yang melatar belakangi acara tersebut, yaitu untuk meningkatkan kualitas pendidikan di kota semarang.

Where adalah dimana lokasi kegiatan tersebut berlangsung, yaitu di SD N 1 Jabungan, kel Kramas, kec Banyumanik, kota Semarang. When adalah kapan kegiatan tersebut berlangsung. Mencakup tanggal dan waktu kejadian, yaitu pada hari sabtu, 26 April 2014.

How atau bagaimana menerangkan secara garis besar keberlangsungan kegiatan tersebut. Seperti tingkat antusiasme, waktu/jam berlangsungnya acara, hingga data – data penunjang lainnya, seperti jumlah murid, dll.

Konsep piramida terbalik berlaku disini, dimana berita paling berbobot ditaruh dalam satu kalimat utama/pembuka/teras/lead. Semakin ke bawah semakin mengandung informasi yang kurang penting.
Semoga bermanfaat.



About Unknown

Program Studi Teknik Geodesi Universitas Diponegoro Semarang. Lembaga Pers Mahasiswa Momentum. Rohis Athlas dan INSANI. Sherpa Mapala. Kemendagri BEM KM Undip. Geodet Berbagi. Turun Tangan Semarang. Orang Jawa. Survei Topografi.

0 comments:

Copyright © 2013 Ghostwriter™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.