Friday 20 December 2013

Logo baru, Semangat baru

Posted By: Unknown - 11:02 am

Share

& Comment

          
Artikel disadur dari buletin Kementerian Dalam Negeri BEM KM Undip 2013 edisi kedua.

             
Gerakan Aku Cinta Undip (ACU) merupakan suatu gerakan yang diprakarsai oleh kementrian dalam negeri BEM KM Undip 2011 karena kurangnya perasaan memiliki dan mencintai terhadap Undip oleh kebanyakan mahasiswa. 

Diharapkan dengan adanya gerakan aku cinta Undip ini, mahasiswa yang lebih mengenal dan memahami jurusan ataupun fakultas masing – masing agar lebih merasa memiliki dan mencintai almamater Diponegoro.

Sebelum beranjak lebih jauh, untuk meyakinkan betapa pentingnya sebuah gerakan Aku Cinta Undip, jawab pertanyaan berikut. Jika benar berarti gerakan ini tidaklah perlu diadakan.

1.      Tanggal berapa Undip merayakan hari jadi?
2.      Ada berapa fakultas di Undip? 
3.      Apa saja sifat yang mewakili karakter Ke-Diponegoro-an di Undip?

Jika anda berturut – turut menjawab lima belas oktober, sebelas, terakhir jujur, berani dan peduli, maka gerakan semacam ini tak perlu diadakan. Kita sewajarnya merasa malu jika tidak mengetahui jawaban atas pertanyaan sederhana tersebut. Bagaimana kita akan berkembang dan maju jika perasaan cinta Undip itu tidak ada?.

Melihat kondisi seperti itu, langkah awal yang diambil oleh kementrian dalam negeri BEM KM Undip saat itu ialah membuat sebuah logo sebagai fondasi awal. Maka terciptalah logo laiknya anak kecil dengan kepala plontos berwarna merah dengan kata aku cinta undip disampingnya.

Dalam perkembangannya, dengan berbagai pertimbangan, logo yang baru setahun disosialisasikan tersebut diubah menjadi logo dengan menampilkan kegagahan pangeran diponegoro sebagai corak utamanya. 
                                                                               
Mengapa harus diubah ?

Walaupun logo pertama memiliki makna yang dalam, yaitu ekspresi humanis yang diharapkan akan mampu melambangkan kebebasan dalam mengekspresikan cinta undip dalam berbagai bentuk (seni, politik, akademis, keagamaan, dan lain-lain) yang tergambar dalam gambar orang mengangkat kedua tangan dan kaki terbuka dengan background warna hitam. 

Sedang berwarna merah pada gambar orang tersebut mengartikan ekspresi dan semangat membangun Undip lebih baik. Dan tulisan aku cinta Undip melukiskan gerakan atau tema yang diusung untuk mahasiswa yang berada di Undip.

Akan tetapi identitas Undip yaitu pangeran Diponegoro dirasa belum terefleksikan di dalamnya. Oleh karena itulah gambar siluet pangeran diponegoro ditampilkan pada logo ACU yang baru. Diharapkan, gambar pangeran Diponegoro yang menaiki kuda dan mengacungkan keris –senjata andalan- ke atas langit tersebut mampu menggambarkan Undip yang sesungguhnya. Tampilan pada logo yang baru juga dibuat lebih eye-catching.



Apa makna logo baru tersebut ?

     Bentuk hati  :  
      "Cinta Almamater"

     Siluet pangeran Diponegoro   : "Melambangkan semangat Ke-Diponegoro-an yaitu jujur, berani dan peduli"

     Warna yang membentuk hati   : 
      "Melambangkan karakter elemen civitas akademika yang saling melengkapi dan harmonis dalam mewujudkan kejayaan almamater"

     Kata gerakan aku cinta undip   :  
       "Melambangkan suatu wadah berupa gerakan untuk lebih mencintai almamater  Diponegoro"

     Lambang Undip  :  
        "Lebih menegaskan kembali identitas Universitas Diponegoro"

Dengan begitu, harapan dari kami Tim KemenDagri BEM KM Undip dan seluruh keluarga besar BEM KM Undip agar teman – teman menjadikan logo baru tersebut sebagai identitas pergerakan kita untuk lebih mencintai Undip almamater kita. Dengan mengenal kita akan mencintai, dengan cinta almamater kita akan meraih sukses bersama. (Tim Redaksi Kemendagri-Tim dimana saya berkreasi di Badan Eksekutif Mahasiswa Undip).




About Unknown

Program Studi Teknik Geodesi Universitas Diponegoro Semarang. Lembaga Pers Mahasiswa Momentum. Rohis Athlas dan INSANI. Sherpa Mapala. Kemendagri BEM KM Undip. Geodet Berbagi. Turun Tangan Semarang. Orang Jawa. Survei Topografi.

0 comments:

Copyright © 2013 Ghostwriter™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.