Friday 20 December 2013

Metode Penulisan Press Release

Posted By: Unknown - 8:46 am

Share

& Comment

Contoh Press Release. dimuat di harian semarang, 
Anak jawa pos wilayah jawa tengah.




Press Release

Undip tingkatkan kualitas humas ormawa

Dalam rangka meningkatkan skill dan pengetahuan humas organisasi mahasiswa (ormawa), forum lingkar humas (FLH) Undip mengadakan pelatihan press release yang bertempat di gedung A ruang A.22 program studi teknik kimia. Acara yang berlangsung ahad (15/9) tersebut dihadiri lebih dari 50 perwakilan dari ormawa tingkat jurusan, fakultas, maupun universitas. Ini merupakan kali ketiga FLH di adakan, dan menurut salah satu peserta, forum kali ini-lah yang paling besar menyedot antusiasme peserta.
“FLH sebelumnya kurang berkesan karena tidak disertai materi atau pelatihan, impact ke kita jadi kurang” ungkap Ismail, kepala departemen hubungan masyarakat himpunan mahasiswa teknik mesin. Menurut ketua FLH, Adi Dharma, diharapkan dengan adanya pelatihan press release di tengah acara forum dapat memberi dampak dan kesan positif secara langsung. Sehingga, kemampuan humas setiap ormawa di Undip dapat meningkat.
Antusiasme peserta semakin menggebu seusai pemateri, Iskandar, selaku pemred harian semarang menyampaikan materi. Ia menyampaikan 3 hal yang perlu dimiliki oleh seorang public relations, yaitu harus energik, pandai merangkai kata, serta pandai mengambil momen. Ketiga hal tersebut mutlak diperlukan agar seorang humas mampu mencitrakan institusi mereka dengan baik.
“kekuatan press release terlihat dari kekuatan tulisan dan pemilihan kata. Karena kita harus membuat momen kecil menjadi sesuatu yang unik dan pantas untuk di publish di media” ujar wartawan asal tegal tersebut. Ia juga mengingatkan pentingnya pemenuhan unsur 5W 1H dan penggunaan metode penulisan piramida terbalik dalam artikel press release. Artinya, taruh unsur terpenting, yaitu 5W 1H di bagian lead (paragraf pertama, Red) dan taruh unsur yang kurang penting di paragraf kedua sampai ke paragraf terakhir.
Seusai materi selesai dipaparkan, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, banyak pertanyaan datang dari peserta, salah satu nya bara, perwakilan humas BEM fakultas kedokteran. “Apa yang harus kita lakukan ketika wartawan mengajukan pertanyaan sesuatu di luar konteks materi press release?”. Belajar dari pengalaman, Iskandar mengungkapkan, sewajarnya press release adalah dua arah, jadi, wartawan bertanya kita harus menjawab. Sekalipun jawaban tersebut adalah saya kurang mengetahui atau saya tidak memiliki wewenang untuk menjawab.
Seusai sesi tanya jawab, pukul 10.30 pembicara meninggalkan ruangan untuk dilanjutkan acara ice breaking dan diskusi perihal kehumasan. Di akhir forum dilakukan pengundian untuk memilih tuan rumah FLH ke-empat, dan terpilih tiga fakultas, yaitu FPIK (perikanan dan ilmu kelautan), FEB (ekonomika dan bisnis) dan FSM (sains dan matematika).
Diharapkan FLH terakhir di tahun 2013 tersebut akan berlangsung lebih baik, dan peserta akan antusias terhadap materi sponsorship yang akan disampaikan pada akhir bulan November mendatang. Sekitar pukul 11.30 WIB acara secara resmi ditutup dan diakhiri dengan foto bersama seluruh peserta, panitia, dan wakil presiden BEM KM Undip, Muhammad Fatih A.

>> (gambar diatas merupakan ilustrasi, sertakan dokumentasi acara/kegiatan original ke dalam artikel press release anda).

>> (dalam memberikan informasi pers rilis suatu acara, jangan lupa kita memberikan info lebih terhadap subyek maupun obyek berita itu sendiri. sebagai pertimbangan editorial untuk melakukan proses editing dan finishing artikel anda sebelum naik cetak).


Sekilas FLH.
BEM KM Undip merupakan Badan Eksekutif tertinggi dalam susunan organisasi di Undip. Terdiri dari kementerian PSDM, KESMA (kesejahteraan mahasiswa), Dalam Negeri, Luar Negeri, Sosial dan Politik, Pengabdian Masyarakat, RISET, Ekonomi dan bisnis, serta kementerian Minat dan Bakat.
Dari kementerian Luar Negeri itulah tercetus ide untuk membuat suatu forum departemen hubungan masyarakat / hubungan luar negeri antar lembaga Universitas, Fakultas dan Jurusan. Akhirnya terbentuk lah FLH untuk mewadahinya.
Menurut Adi dharma, ketua FLH dari jurusan teknik sipil 2012, periode tahun 2013 ini, FLH telah dilakukan tiga kali dari rencana lima kali. Karena suatu kendala termasuk diselenggarakan event multinasional oleh kemenlu, maka FLH hanya akan diadakan sebanyak 4 kali.
Pertama, diadakan di ICT Centre dengan Kemenlu BEM KM sebagai tuan rumah. Pada pertemuan pertama hanya menyampaikan proker terdekat masing – masing lembaga. Dan yang kedua di Fakultas Hukum, dengan agenda tak jauh berbeda dari FLH pertama. Sehingga impact maupun kesan belum tersentuh di kalangan peserta.
Ketiga, diadakan di Teknik Kimia dan mendatangkan pembicara sekelas pemred media masa. Dan yang ke empat akan dipanitiai oleh FSM, FEB dan FPIK. Waktu dan tempat akan segera di umumkan. Agar FLH berkesan seperti FLH ketiga kali ini, maka konsep akan dipertahankan dan sesuai forum akan mengambil bahan bahasan yaitu sponsorship.

           >> (identitas pengirim pers rilis mutlak dibutuhkan sebagai pemberitahuan atas penerbitan artikel kiriman dan sebagai wujud pertanggungjawaban terhadap konten artikel).


Penulis                        
Nama              : Wahyu Nur Rohim
CP                    : 085642337440
Email               : wonosegoroboy@yahoo.com
Twitter             : @Wahyu_Sentun
FB                    : Wahyu Nur Rohim
Status               : Mahasiswa Program Studi Teknik Geodesi Undip angkatan 2010
Asal                 : Desa Suruhan RT/RW 01/06, Kel. Karangjati Kec. Wonosegoro Kab. Boyolali, Jawa Tengah.
 






About Unknown

Program Studi Teknik Geodesi Universitas Diponegoro Semarang. Lembaga Pers Mahasiswa Momentum. Rohis Athlas dan INSANI. Sherpa Mapala. Kemendagri BEM KM Undip. Geodet Berbagi. Turun Tangan Semarang. Orang Jawa. Survei Topografi.

0 comments:

Copyright © 2013 Ghostwriter™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.