Tuesday 31 December 2013

Kesulitan Menulis?

Posted By: Unknown - 2:00 pm

Share

& Comment

Kesulitan Utama dalam Menulis
oleh Farid Gaban

Berikut ini hasil survai tentang "Kesulitan Utama dalam Menulis" yang pertanyaannya saya kirim tempo hari.

Dari jawaban yang masuk, di bawah ini peringkat kesulitannya, dari yang paling banyak disebut oleh penjawab:

1. MEMBUAT/MENJAGA FOKUS TULISAN (10)
2. TATABAHASA DAN PEMILIHAN DIKSI (8)
3. OUTLINE, STRUKTUR LOGIS DAN SISTEMATIS (7)
4. KESULITAN MENCARIAN IDE TULISAN (4)
5. KURANG BISA MENGERAHKAN MOTIVASI (4)
6. KESULITAN PENCARIAN BAHAN (2)

MEMBUAT DAN MENJAGA FOKUS TULISAN

Ini merupakan kesulitan yang paling banyak disebut oleh para penjawab. "Kesulitan menjaga agar tulisan ada pada jalur semula dan tidak melebar kemana," kata seorang penjawab.

Secara khusus saya kutipkan jawaban Paramita Iswari (paramita_iswari@yahoo.com) yang membeberkan kelusitan dan solusi yang dia temukan:

"Kesulitan terbesar saya rasakan ketika berusaha menjaga fokus tulisan. Membuat fokus rasanya lebih mudah. Ketika di awal menulis saya sudah menetapkan akan fokus pada satu topik. Namun, menjaga supaya tetap pada fokus ketika menulis itu yang sulit.

Ketika menulis, seringkali saya membiarkan diri menuangkan, mengalirkan, menumpahkan segala yang ada di kepala. Hal ini seringkali membuat saya melompat dari batas-batas yang sebenarnya ingin ditulis. Ketika membaca ulang, kemudian saya baru menyadari bahwa ini sudah masuk ke fokus lain, yang sebenarnya bisa menjadi tema tulisan tersendiri.

Celakanya, saya merasa sayang untuk kemudian menghapus apa yang saya tulis itu. Seperti akan melepaskan anak yang telah dikandung 9 bulan. Biasanya saya kemudian terpikir untuk mensiasati dengan mencoba mengkait-kaitkannya dengan fokus utama. Namun, sekali lagi setelah dibaca ulang, tulisan ini jadi terlalu banyak mengandung muatan yang ingin diungkapkan.

Saya benar-benar harus menahan diri, merelakan dengan segenap perasaan sedih, untuk kemudian menghapuskan beberapa bagian yang jauh dari fokus tulisan itu. Biasanya, saya siasati dengan memindahkan ke tempat lain dan saya bayangkan ini akan jadi tulisan saya berikutnya, sehingga saya tidak terlalu merasa bersalah pada diri sendiri."


TATABAHASA DAN DIKSI

Keluhan yang muncul dalam kategori ini:
* Kesulitan membuat tulisan mengalir dan menarik.
* Kesulitas membuat tulisan menjadi hidup
* Kesulitan mencari kosakata supaya tulisan tidak membosankan
* Pemilihan diksi menjadi faktor yang menguras tenaga.
* Kurang menguasai ejaan, huruf kapital, titik koma, kutipan langsung dan tidak langsung
* Cenderung membuat kalimat yang terlalu panjang

MERUMUSKAN OUTLINE, STRUKTUR LOGIS DAN SISTEMATIS

Kesulitan membuat outline berkaitan dengan, seperti ditulis seorang penjawab: "kebingungan memulai dari mana". Juga berakibat pada struktur tulisan yang "kurang logis dan sistematis".

KESULITAN MENEMUKAN IDE

"Kalau ide yang menarik sudah ketemu, yang lainnya mengalir...," kata seorang penjawab.

MOTIVASI/ADRENALIN/DISTRACTION

Kesulitan mengerahkan motivasi antara lain ditunjukkan keluhan semacam ini: "Musuh terbesar adalah procrastinating... alias menunda-nunda", "malas dan gampang menyerah".

PENCARIAN BAHAN

Kesulitan mencari data pendukung tulisan merupakan kesulitan yang paling sedikit disebut.



About Unknown

Program Studi Teknik Geodesi Universitas Diponegoro Semarang. Lembaga Pers Mahasiswa Momentum. Rohis Athlas dan INSANI. Sherpa Mapala. Kemendagri BEM KM Undip. Geodet Berbagi. Turun Tangan Semarang. Orang Jawa. Survei Topografi.

0 comments:

Copyright © 2013 Ghostwriter™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.