Sunday 10 August 2014

How To Change Skripshit into a Skripsweet

Posted By: Unknown - 11:52 am

Share

& Comment

Halo kawan, saya mau sedikit berbagi kisah yang saya alami beberapa waktu belakangan. Saya seorang mahasiswa semester akhir di Undip, Semarang. Tentunya, semester akhir sangat identik dengan yang namanya Skripsi. Atau kami anak teknik (engineer) menyebutnya Tugas Akhir (TA). Sama saja, intinya, syarat mutlak untuk mendapatkan gelar sarjana.

Nah. Kan kalian sudah pada tahu. Faktanya. Hidup ini tak semulus ketek Sabina Altynbekova (lihat profilnya). Tidak juga semanis kata-kata Mario Teguh. Kita pasti mengalami pasang surut, tinggi rendah, manis pahit dan suka duka. Kalau hanya lurus, mulus, kita musti waspada, apakah kita benar-benar hidup?. That’s the question.

“Bagi seorang mahasiswa, salah satu momen yang paling potensial mengalami lika-liku diatas adalah saat harus berhadapan dengan Tugas Akhir/Skripsi.”

Dalam dunia nyata. Mengerjakan TA tak semulus rencana yang telah dibuat. Kondisi kurang mengenakkan model A-Z pasti akan dialami oleh mahasiswa tingkat akhir. Dengan predikat “maha”siswa seharusnya kita mampu mengatasi hal tersebut dengan mudah. Namun, kembali lagi, tak semua mahasiswa memiliki kemampuan/kompetensi laiknya “maha”siswa.

Dari sekian model tersebut jika ditarik benang merah akan berujung pada satu kata, malas. Malas bisa berasal dari berbagai alasan dan kondisi. Tak cukup kalau saya perjelas satu persatu. Karena beda mahasiswa beda alasan dan kondisinya.

Berikut saya mau membagi tips menjinakkan kondisi “malas” tersebut:

1.      Save file “skripsi” di directory paling depan di laptop anda.
Contoh: D/Skripsi/

2.      Rename nama folder dengan kata-kata motivasi.
Contoh: “SkripsiBismillah” atau “Skripsweet” atau “KerjakanSkripsiAtauTelatNikah”

3.      Sering-sering pergi ke kampus.
Untuk menjaga mentalitas dan pola fikir kita agar selalu dekat dengan dunia kampus.

4.      Inget baik-baik orang-orang yang bertanya, “udah kerja?”, “kapan wisuda?” dan sejenisnya.
Bayangkan anda memegang jilid skripsi anda yang sudah acc, kemudian anda lemparkan ke muka orang yang bertanya tersebut.

5.      Sering-sering dateng ke wisuda temen satu angkatan.
Kebahagiaan mereka bersama orang tua masing-masing dapat meningkatkan motivasi anda untuk menyusul mereka.

6.      Buka Facebook dan liatin Foto Profil temen-temen kalian yang memasang foto wisuda dengan berbagai model gayanya. Dan bayangkan jika yang ada difoto tersebut adalah anda.

Selamat mengerjakan skripsi (Tugas Akhir).

   

About Unknown

Program Studi Teknik Geodesi Universitas Diponegoro Semarang. Lembaga Pers Mahasiswa Momentum. Rohis Athlas dan INSANI. Sherpa Mapala. Kemendagri BEM KM Undip. Geodet Berbagi. Turun Tangan Semarang. Orang Jawa. Survei Topografi.

0 comments:

Copyright © 2013 Ghostwriter™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.