Sunday 30 March 2014

Forum Akhlak Mulia

Posted By: Unknown - 9:27 pm

Share

& Comment

Assalaamu’alaikum Warrahmatullahi Wabbarakatuh

Uda nggak kerasa sudah menginjak semester delapan. Sebentar lagi bakal ada anak geodesi 2010 yang menerima toga wisuda di gedung Soedarto. Senang sekali rasanya. Mengumbar senyum bahagia bersama teman-teman seperjuangan. Terlebih ada dua makhluk bernama ayah dan ibu yang duduk menyaksikan, terkadang mereka menangis saking bangganya.

Mungkin semua orang tua akan bangga saat melihat anak mereka wisuda, mendapatkan kerjaan layak dan menjadi seorang yang sukses. Setiap bulan memberikan uang kiriman dan balik kampung membawa buah tangan mewah. Orang tua mana yang tidak bangga?, seakan mereka orang paling beruntung di dunia ini. Membesarkan anak dan berhasil memberikan pelajaran berharga akan nilai-nilai berbakti kepada orang tua.

Percayalah. Uang seberapapun nominal-nya nggak akan mampu menggantikan jasa dan kasih sayang mereka. Sembilan bulan mengandung, mau ngapa-ngapain susah, saking beratnya kadang ibu sampai berkeringat walau sekedar berjalan. Tapi, ia tak mengeluh sedikit-pun. Ayah, setia mendampingi ibu dalam susah dan senang. Bukan dirinya sendiri, ibu dan kita-lah yang ada dalam benak ayah saat bekerja. Sekeras apapun, ia sudah tentu bersiap badan.

Susah-kah menjadi anak yang baik? Tentu tidak. Tapi terkadang kita kurang peka terhadap apa yang orang tua kita inginkan. Terkadang kita lalai akan mendo’akan mereka dalam bait untaian do’a. Terkadang kita mengucap “ah” terhadap pinta-nya. Memang manusia makhluk yang tidak pandai bersyukur. Coba kalian jawab, sudahkah kita membahagiakan orang tua kita? Bukan nominal, jauh lebih berharga adalah akhlak (perilaku) terpuji dalam diri kita.



Banyak jalan untuk memperbaiki diri sendiri. Tetapi, tentu akan jauh lebih mudah jika itu kita lakukan secara bersama-sama. Karena demikian, kita akan saling mengingatkan satu sama lain. Saling menasihati. Dengan sebab itu pula, sudah saat-nya kita membuat forum akhlak mulia. Forum ini dikhususkan untuk teman satu angkatan yang beragama Islam. Karena pendekatan kami dari segi pendidikan moral agama.

Pertemuan perdana akan dilangsungkan hari Jum’at, 4 April 2014. Bertempat di masjid kampus Undip. Forum Akhlak Mulia bersifat semi formalitas, karena disini temen-temen bebas sharing sepuasnya. Seberapa-pun pesertanya, InshaAllah kita akan tetap berjalan. Pembicara adalah peserta itu sendiri. Untuk menjaga kualitas ilmu, kita akan membaca sebuah buku pegangan (sementara buku Shahih Bukhari).

“Bagi saya pribadi. Itu jauh lebih berharga daripada hanya berbincang tanpa ada kesan dan makna. Bercanda boleh, namun, jika berlebihan akan mematikan perasaan dan nurani kita. Hingga kita tak peduli dengan nasib orang disekitar kita.”

Kita sama-sama memiliki orang tua hebat. Itu pasti. Kita akan menjadi anak hebat (sholih) jika mampu membahagiakan mereka. Tak sekedar gelar sarjana, jabatan, dan nominal harta. Namun juga sikap dan perilaku kita yang terpuji dan jauh dari keburukan. Mari, sama-sama kita wujudkan mimpi itu di Forum Akhlak Mulia.

Semoga Allah SWT memudahkan setiap upaya makhluknya dalam meraih hidayah. Dan Allah akan memudahkan jalan kita menuju jalan kebaikan (surga). Aamiin.

Wallahu ‘alam. 


About Unknown

Program Studi Teknik Geodesi Universitas Diponegoro Semarang. Lembaga Pers Mahasiswa Momentum. Rohis Athlas dan INSANI. Sherpa Mapala. Kemendagri BEM KM Undip. Geodet Berbagi. Turun Tangan Semarang. Orang Jawa. Survei Topografi.

0 comments:

Copyright © 2013 Ghostwriter™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.