Saturday 11 January 2014

SLB Semarang, Sekolah Inspirasi

Posted By: Unknown - 6:34 am

Share

& Comment

Pak Ciptono Kepala Sekolah
SLB Semarang
Kamis, 9 Januari 2014, ada sebuah pesan di facebook. “besok jam 8 mlm  nonton kick andy ya. Ada pak ciptono dan temen-temen dari SLB Semarang lho. Sukses.” pesan singkat dari Wury. Seorang temanku yang memiliki kebutuhan khusus.

Dia seorang tuna rungu. Pertama kali kita bertemu pada bulan desember 2012 di aula gedung Bank Indonesia kawasan simpang lima, saat itu dia duduk di bangku SMA LB Semarang. Kala itu dia turut serta dengan pak Ciptono dan anak didiknya yang lain untuk memberikan ispirasi kepada kami, saat itu kami sebagai penerima beasiswa Bank BI.

Dan hari ini, jum’at tanggal 10 Januari 2014, aku kembali menyaksikan mereka di layar kaca metro tv. Di acara kick Andy, satu dari sedikit program televisi yang bermutu. Saran buat anda yang ingin cerdas bermedia.
Aku dan Rawkee
Perasaanku dibawa ke 13 bulan yang lalu. Saat aku mengajukan diri untuk dilukis oleh Rawkee, seorang tunarungu yang berbakat dalam menggambar. Foto profil di blog ku ini adalah hasil tangan-nya.

Pagi itu aku dibuat terperanjat. Aku disadarkan oleh pak Ciptono, bagaimana seharus-nya memperlakukan mereka yang terlahir istimewa. Dia selalu mengingatkan, bahwa mereka bukan suatu beban ataupun produk gagal, tetapi mereka-lah sumber inspirasi bagi seluruh manusia.

Benar. Ketika kita mengeluh tentang hal kecil, kenapa kulit agak hitam! Hidung kurang mancung! Badan kurang tinggi!. Lihatlah, mereka tak mengeluh sama sekali. Hanya ada senyum dan semangat didalam hati mereka. Astaghfirullah, jadi malu sendiri jika masih mengeluh.

Kharisma
Diantara mereka ada yang bernama Kharisma, seorang anak autis yang memiliki kemampuan luar biasa. Ia percaya diri, memiliki ingatan yang tajam, serta mampu bernyanyi. Bahkan ia memiliki sebuah band yang semua personel-nya adalah anak autis. Beberapa rekor muri berhasi mereka pecahkan.

Memang benar mereka memiliki kebutuhan khusus, dan sudah selayak-nya kita mem
perlakukan mereka dengan spesial pula. Kembangkan bakat dan kemauan mereka, asalkan tidak sampai dipaksakan. Jangan sampai kita mengucilkan mereka karena kekurangan-nya. Karena saat ini banyak anak berkebutuhan khusus yang terjebak di jalanan dan bahkan di rumah sakit jiwa.

Jika mereka diperhatikan dan diberikan ketrampilan, maka hasilnya akan seperti yang sudah dilakukan oleh SLB Semarang. Mereka memiliki sebuah toko yang menjual batik cipratan, aksesoris, lukisan dan beberapa produk anak-anak SLB lainnya.

Sempat terbersit fikiran untuk berkunjung lagi ke surga pak Ciptono di Meteseh, Tembalang. Deket dari kampus UNDIP kok, hanya 15 menit, tinggal ikutin jalan sigar bencah. Sampai kita menemukan sebuah pasar dan ambil jalur ke kiri menuju sendang mulyo, lurus terus, sebelum tikungan kita akan menjumpai sekolah inspirasi tersebut.

Tifa, Aku, Wury
Ingin rasanya berinteraksi kembali dengan mereka, dengan Kharisma akan ku tanya plat nomor Bengkulu apa? 14 agustus tahun 2010 jatuh pada hari apa?, tentu dia masih ingat, Belajar menggambar bersama Rawkee. Atau bertemu Wury dan Latifah, dua gadis cantik yang pandai memainkan rias. Begitu-lah cara Tuhan memberikan keistimewaan kepada makhluk-Nya.

Mungkin dulu aku berfikir mereka tidak memiliki cita-cita besar, bodoh-nya aku, mereka bahkan memiliki mimpi dan cita-cita jauh lebih besar daripada aku. Begitu tertegun  hatiku saat Tifa meminta do’a saat melaksanakan ujian tes masuk UniBraw. Woow. Sebuah cita besar.

Dan akhirnya ia mampu menapakkan kaki di UB. Di jurusan apa aku lupa. Tapi selamanya aku tak akan lupa, seorang tuna rungu bermimpi besar, banyak mimpi yang ia perjuangkan, dan sebanyak itupula ia mampu meraihnya. Sekedar anda ketahui, dia cantik, tetapi terlahir di keluarga sangat sederhana.

Sungguh, Tuhan telah menjadikan mereka sebagai pengingat akan nikmat-Nya, yang telah Ia curahkan kepada kita. Masih kurang bersyukurkah kita?


 
salah seorang bocah tuna netra
yang menunjukkan kebolehan-nya bernyanyi


About Unknown

Program Studi Teknik Geodesi Universitas Diponegoro Semarang. Lembaga Pers Mahasiswa Momentum. Rohis Athlas dan INSANI. Sherpa Mapala. Kemendagri BEM KM Undip. Geodet Berbagi. Turun Tangan Semarang. Orang Jawa. Survei Topografi.

0 comments:

Copyright © 2013 Ghostwriter™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.